Kamis, 31 Maret 2016

Belanja Aman Dengan Aplikasi My JNE

             
my cod

  Hari ini hari apa ya ?? kok dari pagi sampai malam begini udah beberapa kali dapet info di grup kalo ada online shop yang menipu. Kasusnya rata rata sama pula, duit sudah di transfer tapi barang tidak dikirim, eh ada juga yang dikirimin bukti transfer palsu. Alamakkk, cari duit kok segitunya ya, bikin ngeri onlineshopper macam awak nii. Hiii

laporan penipuan yang saya ambil melalui situs datapenipuan.net


            Seperti yang kita tahu bahwa beberapa tahun belakangan dunia belanja online sedang menggeliat, bahkan lembaga riset ICD memprediksi bahwa ecommerce di Indonesia akan tumbuh hingga 42% di tahun 2012-2015, angka ini lebih besar dibanding negara lain seperti Malaysia, Philipina, dan Thailand. Semua lini sosial media di gempur oleh menjamurnya online shop, bahkan kita sampe hafal sama kata kata “mampir ke IG kita yuk sis” atau “sis cek grup kita ya, ada barang baru nih”. Hihihi, iya apa IYA ?
 
Sumber Data : tempo.co
            Sayangnya euforia onlineshop ini dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan dengan cara yang merugikan orang lain seperti penipuan penipuan yang saya temui. Modusnya sama, sudah dapat uang/barang langsung kabur tanpa jejak. Selain berhati hati dalam memilih onlineshop, rekber alias rekening bersama jadi pilihannya. Meski keamanannya lebih terjaga, tetapi tidak bisa  menjamin keamanan bertransaksi 100% sebab rekber yang selama ini ada melalui tangan perorangan atau kelompok dan bukan perusahaan yang secara khusus menanganinya.

            Eh tapi sekarang ada kok satu fitur dalam suatu aplikasi yang mengusung sistem rekber dan menawarkan berbagai kemudahan dan keamanan bertransaksi buat kita para onlineshopper. Namanya fitur My COD yang berada dalam aplikasi My JNE

Apa itu MyCOD ?

Sebelum mengenal My COD, ada baiknya kenal dulu My JNE, istilahnya kenalan sama bapaknya dulu sebelum dekat sama anaknya. *eaaa*. My JNE adalah aplikasi yang dibesut oleh JNE dalam rangka memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam menggunakan jasa perusahaan yang berdiri selama 26 tahun ini. Kamu bisa mendownloadnya melalui playstore secara gratis, yang penting handphonenya sudah berbasis android yaa, kalo masih yang bunyinya tilulilut belum bisa *ngece* *ditampolwajan*


Didalam aplikasi berwarna merah ini kamu akan menemukan beberapa fitur yang memiliki kegunaannya masing masing, seperti ;

My shipment, dimana kamu bisa mentracking paket atau kiriman yang kamu kirimkan melalui my jne, ngeceknya pun bisa dengan dua cara yakni melalui scan barcode connote aka nomor resi yang tertera di selembar kertas yang diberikan padamu saat selesai pengiriman, atau dengan mengetikkannya secara manual.

dengan adanya my tarif jadi lebih mudah bertransaksi

Ada juga My Tarif yang terletak dihalaman utama ini bisa membantumu mengecek tarif yang berlaku saat hendak mengirim paket ke seluruh indonesia, ini berguna banget loh buat online shop terutamanya, karna sepengalaman saya saat berjualan online, pasti banyak banget yang nanya “ kalo kirim ke kota A berapa sis?” betul kan ? kan ? *maksa*
 
disekitar rumah ga ada konter JNE. hiks


Yang lainnya adalah My Location / JNE Nearby yang memiliki fungsi memudahkan kita mengecek lokasi konter JNE terdekat dari lokasi kita. Tapi kan gw udah tau ndah lokasi JNE deket rumah, apa juga fungsinya ? ihhh, kamuuu. Jangan salah, kadang yang ga kita duga selalu terjadi, misalnya konter JNE terdekat  sedang tutup, mau gak mau kita harus cari tau kan JNE yang jaraknya masih disekitar kita, atau mungkin kita lagi diluar kota, tapi kebetulan pengen ngirim barang. Daripada nanya orang kadang dikasih jawaban “gak tau” mendingan kan manfaatin JNE Nearby ini.



Oke, next yang terkeren adalah My COD. COD disini bukan singkatan Cash On Delivery, melainkan Cash on Device. Yoih, maksutnya adalah fitur my COD ini menjadikan handphone sebagai dompet elektronik dimana kamu bisa menyimpan dan menggunakannya disaat di butuhkan untuk berbelanja secara online. Eh gak Cuma sekedar belanja online loh, yang paling penting disini adalah sistem yang digunakan oleh My COD seperti rekening bersama. Jadi ketika kamu membeli sesuatu melalui online maka uangmu akan di keep oleh pihak JNE sampai barang tersebut sampai ketanganmu. Hal ini tentunya akan meminimalisir tindakan penipuan karna JNE akan mengembalikan uang/saldomu apabila penjual tidak mengirimkan barangnya padamu. Dan sebaliknya, barang tidak akan dikirim sebelum JNE menerima uang yang seharusnya dibayarkan pada penjual. Fair bukan ?

Nah, kalo kamu mulai tertarik untuk menggunakan MyCOD, maka sebaiknya ikuti langkah langkah beikut ini yaa, biar ga salah nih. Hehehe

Langkah awal menggunakan MY COD


  • Pertama, yang pasti kamu download dulu dong My JNE, bisa langsung search di playstore, bisa juga klik disini
  • Setelah itu, silahkan buka MyJNE mu, klik kanan bawah dari aplikasi yang bertuliskan My COD, lalu sign in dengan memasukkan nomer handphone dan password (apabila sudah pernah mendaftar sebelumnya) atau sign up untuk yang baru mendaftarkan diri, isi semua data yang diminta secara engkap dan benar, meliputi nama, email nomor handphone dan pasword.
  • Nah begitu selesai sign up, kita akan mendapatkan email verifikasi, silahkan langsung di klik tautan yang mereka kirimkan, then selesai lah urusan daftar mendaftar. Kamu bisa langsung mencoba My COD dengan sign in, setelahnya silahkan edit data diri seperti nomor KTP, Nama Toko, alamat, tanggal lahir serta gender. Oh iya, jangan lupa untuk memasukkan bank account ya, ini berfungsi untuk aktifitas cash out atau penarikan uang dari My COD ke rekening kamu.

Cara menggunakan MY COD untuk store (Penjual)

  • Pertama silahkan lakukan step awal seperti yang saya jabarkan diatas, kemudian buka My COD mu, klik my order dibagian atas lalu klik tanda panah dibagian kanan bawah.


  • Isi form create order sesuai dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli diantaranya nama order, item yang akan dibeli beserta harganya, dan fee yang akan dikenakan seperti shipping, ongkos kirim atau lainnya yang termasuk kesepakatan. Jangan lupa untuk mengklik centang disebelah nomor handphone buyer agar data pembeli bisa ditemukan.
  • Setelah kamu create order, maka JNE akan langsung mengirimkan notifikasi melalui sms pemberitahuan atau notifikasi via aplikasi My JNE customer (pembeli ) yang berisi total belanjaan yang harus ia bayarkan.

            Dan tinggal tunggu deh instruksi bahwa transfer diterima oleh JNE yang akan di kabarkan padamu melali notifikasi dan kamu sudah bisa mengirim barang daganganmu.Yang terakhir setelah barang diterima, saldo pembayaran akan otomatis masuk ke akun My COD  mu dan sudah bisa langsung untuk di cash out.

Tata cara cash out


  • Klik tombol cash out yang berwarna biru, letaknya disebelah kanan, akan muncul setelah kamu klik kotak merah di tengah.
  • Lalu masukkan total uang yang ingin di tarik. Selesai deh, tinggal tunggu saldo rekening kamu bertambah. Mudah kan ???

Cara menggunakan My COD untuk buyer (pembeli)
  1. Untuk pembeli gak perlu ngapa ngapain, setelah pilih barang dan membuat kesepakatan dengan penjual kamu tinggal menunggu notifikasi yang dkirimkan oleh My JNE. Setelah notif diterima kamu tinggal transfer melalui My COD


  1. Oh iya, pastikan saldo kamu ada ya, cara mengisi saldo bisa kamu cek dibawah ini. Kalau saldo sudah ready kamu tinggal buka my COD mu, klik paling kanan ditombol my cod wallet, kemudian klik kotak yang berada ditengah dilanjutkan dengan mengklik bulat hijau bertuliskan transfer.
  2. Isi form transfer dengan benar kemudian klik transfer, nanti akan diminta memasukkan pasword demi keamanan. Selesai deh.
  3. Kamu tinggal ongkang kaki nunggu barangmu diterima. Uhuyy

Cara top up

Nah, My JNE ini bekerjasama dengan Bank permata untuk urusan transaksi My CODnya. Jadi how lucky you are kalo kamu pakai Bank Permata. Eits, buat yang gak pake bank permata gak perlu sedih dong, karna JNE tidak melupakan visinya untuk memberi kemudahan transaksi bagi kita para customernya. Kalian bisa juga melakukan top up melalui bank lain.

  1. Pertama silahkan datang ke ATM terdekat
  2. Pilih pembayaran Virtual Account (jika menggunakan Permata Bank ) atau pilih transfer (jika menggunakan bank lain)
  3. Masukkan 16 digit kode virtual account mu (tambahkan 013 jika menggunakan bank lain)
  4. Dilayar akan tertera informasi rekening atas nama PT Jalur Nugraha Ekakurir, silakan tekan benar/oke
  5. Tadaa, top up telah selesai. Dalam waktu dua menit kamu akan mendapat notifikasi bahwa saldo sudah bertambah sesuai dengan jumlah yang kamu top up kan.
history top up yang sudah sukses

Sampai sini ada yang belum dimengerti ? *lap keringet*. Kalau sudah tidak ada masalah maka saya nyatakan kamu lulus dalam pelajaran mengenal My COD ini. Hihihi. Tidak sulit bukan ??? dan yang jelas transaksi online yang kamu lakukan akan semakin aman dan nyaman. Eh pesenan cemilan saya udah dateng nih, udah dulu yaaa, jangan lupa pakai My JNE nya


6 komentar:

Lidya mengatakan...

pengalaman belanja online selalu degdegan takutnya barang gak sampai apalagi kalau harganya lumayan mahal. Pakai MyCOD lebih priaktis dan aman ya. Terima kasih sudah berpartisipasi ya

Anisa AE mengatakan...

Eisss lengkapnya

Kurnia amelia mengatakan...

Pakai aplikasi ini jadi ga was was ya barang kita nyamperin ga.

Eh tapi JNE terima COD jodoh ga yak? #heh hahaa

astin mengatakan...

Ini keren dech, ajaarin dooong Windaah

Mirna Kei Rahardjo mengatakan...

Wah iya kalo gini blanja online lebih tenang bisa bayar setelah barang ditangan dengan My COD...

Lidya mengatakan...

sejauh ini MyCOd membantu penjual dan pembeli ya. Terima kasih sudah berpartisipasi ya